Curcol anak pertama

Sesungguhnya saya tidak bermaksud untuk rasis atau bermaksud jelek. Namun saya cuma sekedar ingin berbagi susah senang dengan pembaca mojok yang sekiranya menjadi anak pertama dalam keluarga.
Suatu hari adik saya yang kecil tepatnya kelas 2 SD itu melempar sepatunya ke atas balkon karena saya tidak mau keluar dari kamar dikejar-kejar karena dia ingin mencubit saya tapi pelarian ke kamar dan menguncinya rapat-rapat menjadi akhir pilihan saya. Saya sendiri juga tidak tau apa kesalahan saya, karena saya hanya mengingatkan adik untuk segera ganti baju selepas pulang sekolah. Eh, lakok dia marah-marah enggak jelas terus langsung nyerang saya.
Keesokan harinya ketika akan pergi ke sekolah si ibu kebingungan nyari sepatu adik yang enggak ketemu-ketemu. Terus terang saya langsung nyeletuk, “di atas balkon bu, kemarin di lempar ketika saya nggak mau keluar dari kamar karena lari dari kejarannya”. Sekejap ibu langsung marah-marah ke saya. Perkataan andalan yang selalu ia keluarkan “kamu itu yang gedhe, jadi harus ngalah sama adiknya”. Kalo soal gitu sih wajar lah. Yang gedhe harus ngalah.
Terus pernah suatu kali adik saya yang kelas 2 SD lagi asyik main mobil-mobilan sendirian tak jauh dari saya yang lagi asyik nonton tv. Eh tiba-tiba mainannya rusak entah tak tau kenapa. Si adik langsung lapor ibu dan dengan tanpa bukti yang kuat ibu menggugat saya yang jelas-jelas tidak bersalah. Lagi-lagi perkataan andalannya “Kamu apain ini mainan adikmu?kamu itu gedhe tapi suka menggoda adiknya terus”. Mendengar ibu ngomong gitu rasanya saya ingin ngempesin diri dan masuk kembali ke Rahim ibu dan terlahir kembali menjadi bayi lagi terus saya jadi anak terakhir deh yang selalu dibelain. Sumpek banget jadi anak pertama.
Ketika berhadapan dengan si ponsel pintar (katanya) dengan si adek saya yang kelas 10 SMA terus saya bertanya perihal bagaimana mengedit foto biar enak dipandang yang kalo zaman sekarang katanya ‘biar kekinian’ dengan segala macam fitur filter tak lupa untuk mengedit biar fotonya makin kinclong. Hehehe… Eh nggak disangka adik langsung ngomong “gini aja kagak bisa, elu kan yang lebih gedhe, masak kalah sama gue yang masih imut-imut gini (langsung pasang wajah sok imut padahal gak)” lah emang anak pertama itu harus tau segalanya gitu. lawong si hape pintar (katanya) ini baru keluar kemarin-kemarin aja. Pas aku kelas 2 SMP aja baru punya akun facebook yang dulu lagi ngetren. Itu pun aku minta bantuan temenku untuk membuat akun dan bagaimana cara menambahkan foto profil. Yah…maklum terkadang aku merasa katrok. Nah…kalo model kayak gini nih, masih tingkat medium lah, emang akunya yang katrok, tapi anak pertama nggak sepenuhnya salah dong!
Menurutku ada yang lebih parah lagi dari sebelumnya nih, ehehemm… (berdeham) agak personal sih tapi terkadang dipermasalahin banyak orang. Jangan baper dulu yah untuk pembaca Mojok yang lagi bergelar jomblo, karena sesungguhnya saya juga lagi jomblo kok. Jadi, kita samaan dong..toosss
“kamu kapan kawin, adikmu saja sudah punya pacar! Masak kamu mau di dahului sama adek kamu sendiri” kalo menyoal pertanyaan seperti ini rasanya makjlep mak tratap seperti kena hujan batu kerikil dari langit. Sakit atuh… apalagi dibumbui dengan obrolan tetangga yang suka nyinyir tidak elegan ‘enggak malu apa di dahului sama adiknya. Nanti jadi perawan tua loh. Sekolah terus kapan kawin?’. Sejujurnya saya tidak pernah merasa terganggu dengan omongan-omongan yang setengah berat untuk didengar dengan telinga waras. Tapi, orangtua saya yang selalu menyergap saya untuk segera melangsungkan pernikahan. Lawong calonnya aja belum ada bagaimana kawinnya? Prinsip saya sih ingin sekolah dulu yang tinggi. Karena saya selalu ingat pesan guru saya sewaktu SMA ‘carilah ilmu dengan sungguh-sungguh dan setinggi-tingginya, karena sesungguhnya ilmu juga menjadi sarana mencari jodoh. Percayalah! Jika kamu sungguh-sungguh mencari ilmu kelak seorang pangeran akan menghampirimu. Itulah yang membuat saya tidak peduli apa kata orang mengenai saya, jadi anak pertama itu berat, kamu nggak akan kuat.
Kembali ke soal adik saya tadi, jika dipikir-pikir yang punya pacar tuh adek gua terus soal seumpama dia mau kawinan duluan ya monggo. Karena biasanya anak pertama itu mempunyai sifat ngalah, kasihan pada adik-adiknya dan ingin bertanggung jawab dengan menggantikan posisi kedua orang tua ingin membiayai adik-adiknya terlebih dahulu sebelum dia menikah. Itung-itung balas budi lah pada orang tua. Terus nih ya, kalo urusan cinta mencinta pasti setiap orang itu ingin segera menikah atau memiliki kekasih idamannya. Namun, karena ada hal-hal yang lebih  urgent seperti yang telah saya jelaskan diatas maka ia menyampingkan urusan cinta mencintanya.
Menjadi anak pertama itu senangnya pas awal ketika baru lahir dan masih menjabat status anak tunggal. Mulai awal kehadirannya di nanti-nanti dan disanjung dengan segala macam. Terus pas masih kecil semua keinginan di turuti karena orang tua masih anget-angetnya seneng punya anak. Sampek-sampek terkadang orangtua mengalami baby blues pada fase anak pertama. Maklum lah, yang pertama itu selalu dimanja dan dipuja-puja. Apalagi kalo anak satu-satunya. Kayak pacar pertama, selalu dipuja-puja dan dituruti setiap keinginannya. Eaakkk…. Jomblo enggak boleh baper. Eh, pas gedhe harus bisa berbagi kasih dengan si adek. Nah, disini orang tua harus bisa imbang kasih sayangnya agar si kakak tidak cemburu dengan si adek. Karena ketidakseimbangan dalam pola asuh dapat menimbulkan kecemburuan pada anak.
Untuk pembaca mojok yang merasa menjadi anak pertama, jangan resah menjadi anak pertama.  Karena yang pertama akan selalu menjadi pertama. Anda sekalian mendapat telah mendapat pendidikan maksimal dari orangtua sejak dari kecil. Karena pada masa-masa ini orangtua masih semangat-semangatnya mengajar anaknya. Karena yang pertama itu selalu mendapat servis terbaik. Masih enggak percaya? Gini saja, kalo kalian punya barang baru pasti dielus-elus di rawat dengan baik. Eh pas punya barang yang lebih baru lagi yang pertama di diemin, atau bahkan diabaikan. Yah, dinikmati aja status anak pertama karena selalu di pandang berwibawa dan bijaksana daripada berstatus jomblo apalagi jones alias jomblo ngenes malah kelar hidup loe!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Fiersa Besari 11:11

Resensi Buku: #YukBelajarSaham untuk pemula