Resensi Buku: #YukBelajarSaham untuk pemula

Judul Buku: #YukBelajarSaham Untuk Pemula
Penulis: Investor Saham Pemula (ISP)
Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Sinopsis singkat:

Setiap orang tentunya memiliki instrument investasi yang digunakan baik ketika mendesak atau memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka Panjang. Instrument investasi yang dimiliki setiap orang sudah berang tentu berbeda-beda. Ada yang berupa materil maupun non materil. Namun, baru-baru ini di era digitalisasi perbincangan saham mulai dilirik oleh masyarakat luas sebagai salah satu instrument investasi di pasar modal namun banyak yang belum paham bagaimana cara memulai investasi di dunia saham sendiri. Saham merupakan bagian dari produk pasar modal diantara produk lainnya yaitu obligasi, reksadana, dan.
  Di awal bab, buku bersampul hijau ini menceritakan tentang urgensi saham terhadap kehidupan seseorang. Apakah termasuk keingin atau kebutuhan. Semakin tingginya nilai inflasi membuat barang yang dibeli di masa sekarang belum tentu memiliki nilai yang sama dengan masa yang akan datang. Tanpa berinvestasi uang akan tetap wujudnya, namun nilainya akan berubah seiring dengan adanya inflasi yang berubah-ubah dari tahun ke tahun.
Pada bab-bab selanjutnya yang terdiri dari 22 bab, buku ini banyak membangun kesadaran pada masyarakat akan pentingnya investasi yang menguntungkan diri sendiri maupun negara. Selain itu, di dalamnya dijelaskan pula istilah-istilah dasar yang terdapat dalam dunia saham seperti emiten, perusahaan sekuritas, RUPS, SID, cum date, ex date, dan lain sebagainya. Salah satunya dalam bab IX yang ditulis oleh Zaith Hatta memberikan wawasan tentang sektor-sektor apa saja yang ada di dunia saham dari yang terkenal di kalangan masyarakat maupun yang jarang di dengar oleh masyarakat. Selain itu, buku ini dilengkapi juga cara analisis fundamental maupun analisis teknikal yang biasa digunakan dalam dunia saham untuk menganalisis suatu perusahaan yang ingin dibeli investor. 
Dengan bahasa yang sederhana dan mudah di pahami oleh pembaca buku ini dapat direkomendasikan untuk teman-teman yang masih awam dalam dunia investasi terutama saham dengan mempelajari dasar-dasar saham sebelum memutuskan untuk membeli suatu perusahaan. Dengan desain sampul yang simpel dengan warna hijau tosca dilengkapi sebuah pohon di dalam pot dihiasi dengan daun dan uang koin emas di setiap daun membuat pembaca untuk ingin membacanya.
Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi sederhana untuk memperkenalkan dunia saham pada masyarakat yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Di akhir bab, buku ini juga menawarkan solusi bagi masyarakat yang ingin belajar saham dapat mengikuti komunitas Investor Saham Pemula (ISP) di beberapa kota yang ada di Indonesia yang di didirikan oleh Frisca Devi Choirina yang telah berpengalaman dalam dunia pasar model selama lebih dari 7 tahun.

Terima kasih sudah mampir di blog.ku, kamu mau aku mereview buku apalagi?

Find me on instagram: miftahul.jannahs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Fiersa Besari 11:11